Find Us On Social Media :

Makin Banyak Wanita Muda Terkena Penyakit Jantung Akibat Diabetes

Obesitas pada wanita muda yang menyebabkan diabetes tipe 2 menjadi pemicu munculnya penyakit jantung.

GridHEALTH.id - Karena tingkat obesitas terus meningkat di Amerika Serikat dan seluruh dunia, lebih banyak orang muda didiagnosis dengan diabetes tipe 2, yang secara drastis meningkatkan risiko penyakit jantung, penelitian baru menemukan.

Menurut penelitian yang diterbitkan 20 Januari 2021 di JAMA Cardiology, wanita di bawah usia 55 tahun dengan diabetes tipe 2 memiliki risiko 10 kali lebih besar terkena penyakit jantung koroner selama dua dekade berikutnya dibandingkan wanita tanpa diabetes.

“Kesehatan wanita adalah kesehatan masyarakat,” kata Sagar Dugani, MD, PhD, salah satu penulis studi dan spesialis penyakit dalam di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, dikutip dari laman American Diabetes Association.

“Penelitian ini adalah pengingat yang kuat tentang urusan kita yang belum selesai untuk meningkatkan kesehatan jantung wanita.

Diabetes dan penyakit jantung adalah masalah kesehatan masyarakat utama di Amerika Serikat dan dunia. Mencegah lebih baik daripada mengobati, dan penelitian ini menunjukkan pentingnya gaya hidup dalam kesehatan jantung.

Sementara kematian akibat penyakit jantung telah menurun di antara orang dewasa yang lebih tua dalam beberapa dekade terakhir, penelitian menunjukkan tingkat kematian di antara wanita yang lebih muda tidak berubah atau sedikit meningkat.

Baca Juga: Penyakit Tidak Menular Jadi Gangguan Kronis, Gula Dituding Jadi Penyebab

Baca Juga: Fakta, Minum Air Dingin Tidak Akan Membekukan Lemak di Tubuh

“Itu mengkhawatirkan bagi kami, terutama bahwa kelompok wanita yang lebih muda tidak mengalami penurunan yang sama dalam kematian kardiovaskular baik wanita atau pria yang lebih tua,” kata Samia Mora, MD, juga salah satu penulis studi, dokter dari Brigham dan Pusat Metabolomik Lipid Rumah Sakit Wanita, dan seorang profesor di Harvard Medical School di Boston.