Find Us On Social Media :

Fakta, Minum Air Dingin Tidak Akan Membekukan Lemak di Tubuh

Lemak tidak dapat membeku di dalam tubuh hanya gara-gara minum air dingin. Jangan mudah tertipu.

GridHEALTH.id - Belum lama ini beredar sebuah video, dimana seorang ibu memberi pernyataan yang sesungguhnya misleading karena jauh dari fakta.

Dikatakan bahwa kita tidak sebaiknya minum air es karena tindakan ini dapat membuat lemak-lemak di tubuh jadi menggumpal atau membeku sehingga membentuk plak yang menempel pada pembuluh darah atau dinding arteri yang menyebabkan munculnya gangguan kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular.

Faktanya, es bukanlah sumber membekukan lemak di perut, air dingin yang diminum justru akan menghangatkan hingga sesuai dengan suhu tubuh, sehingga tidak mungkin membekukan lapisan lemak.

Seorang pakar ahli gizi asal Malaysia Fizah Sobri menyebut, es bukanlah sumber kelebihan lemak di perut tetapi disebabkan karena pola makan dan gaya hidup seseorang.

Baca Juga: Diet Tinggi Lemak dan Rendah Serat Munculkan Risiko Kanker Prostat

Baca Juga: AS Kembangkan Pil Baru Pengusir Virus Corona, Diharapkan Bekerja Seperti Obat Flu

Dalam unggahannya di Facebook, Fizah menjelaskan 3 hal mengapa air es tidak dapat membekukan lemak di perut:

1. Suhu tubuh manusia antara 36.5-37.5 ℃

Suhu tubuh manusia normal berkisar antara 36,5 ° C hingga 37,5 ° C. Ia pun membantah jika es dapat membekukan lemak yang ada ditubuh terutama di bagian tubuh kita.

"Berhentilah memercayai mitos ini. Lemak itu ada sebab kita makan banyak dan berlebihan, tidak berolahraga. Jangan salahkan es," katanya dalam posting Facebook.