Find Us On Social Media :

Usia Berapa Anak Memulai Toilet Training? Ini Kata Psikolog Anak

Biasanya anak siap toilet training sekitar 18 hingga 36 bulan. Sebagian besar anak menunjukkan kesiapan mereka melalui isyarat yang berbeda.

GridHEALTH.id - Toilet training bisa menjadi mimpi buruk, tetapi jika orangtua pandai membaca tanda-tanda yang memperlihatkan bahwa anak sudah siap, orangtua dapat menghilangkan drama yang tidak perlu dan potensi kerusakan yang datang dengan pelatihan.

Ayfer Erdem Batı (Wakil Manajer Umum Perguruan Tinggi di Ankara, Turki), menjawab pertanyaan umum dari orangtua tentang toilet training.

Usia berapa yang paling cocok untuk mulai toilet training? Ayfer Erdem Batı, Dekan Fakultas Psikologi di Universitas Ankara, Turki mengatakan, untuk memulai pelatihan toilet (atau toilet training), anak-anak harus memiliki keterampilan kognitif dan emosional yang diperlukan.

Biasanya anak merasa siap toilet training di usia 18 hingga 36 bulan. Tidak disarankan untuk memulai latihan pispot sebelum atau setelah usia ini.

Sebagian besar anak menunjukkan kesiapan mereka melalui isyarat yang berbeda. Biasanya anak laki-laki membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai dan menyelesaikan pelatihan.

Bagaimana saya dapat memahami bahwa anak saya siap untuk toilet training?Jika orangtua mampu membaca tanda-tanda anak sudah siap, perkembangan fisiknya terlihat lebih cepat, dan komunikasi antara anak dan orangtua lebih lancar.

Baca Juga: Meski Jadul, Toilet Jongkok Ternyata Lebih Sehat Daripada Toilet Duduk

Baca Juga: Studi : Berhenti Merokok Bikin Kebahagiaan Meningkat dan Usir Stres

Jika anak tetap kering selama dua jam atau memberi tanda kapan dia harus ke toilet, itu artinya dia bersiap-siap.Atau jika mereka bangun dalam keadaan kering setelah siang hari tidur.