Find Us On Social Media :

5 Hal Ini yang Harus Perempuan Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Perawatan Diri untuk Jaga Kesehatan Mental

GridHEALTH.id - Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran sebenarnya sangat diperlukan oleh setiap orang. Semua ini dilakukan bukan hanya ketika kita sedang sakit.

Mempelajari cara makan dengan benar, mengurangi stres, berolahraga secara teratur, dan meluangkan waktu saat kita membutuhkannya adalah salah satu dari ujian perawatan diri (self-care).

Semua itu dilakukan untuk membantu kita agar tetap sehat, bahagia, dan tangguh.

Baca Juga: Studi : Berhenti Merokok Bikin Kebahagiaan Meningkat dan Usir Stres

Namun, melakukan perawatan diri tidak semudah yang kita bayangkan. Kebanyakan dari kita sudah disibukkan dengan tumpukan pekerjaan, atau terlalu fokus menggunakan teknologi yang ada.

Sehingga semua yang kita lakukan itu dapat membuat kita lupa diri. 

"(Perawatan diri atau self-care) berarti benar-benar mendengarkan tubuh kita, meluangkan waktu untuk memeriksa, dengan sengaja menyesuaikan dengan pikiran yang ada di pikiran, dan menantang perilaku dan sistem kepercayaan jika ada hal-hal yang terasa tidak selaras dalam hidup kita," kata Kelsey Patel, seorang ahli kesehatan yang berbasis di Los Angeles dan penulis buku yang akan datang Burning Bright: Rituals, Reiki, and Self-Care to Heal Burnout, Anxiety, and Stress dilansir dari everydayhealth.com.

Kita mungkin merasa siap untuk semua tantangan yang akan datang, namun kita harus menyadari perlunya perawatan diri demi menjaga kesehatan mental diri sendiri.