Find Us On Social Media :

Pertanyaan Awam, Bagaimana Jika Terlambat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua?

Pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 yang tidak tepat jadwal tidak perlu dikhawatirkan, CDC.

GridHEALTH.id - Baik vaksin Covid-19 Pfizer maupun Moderna diberikan dalam rangkaian dua dosis dengan interval 21 hari antara dosis untuk vaksin Pfizer dan interval 28 hari antara dosis untuk vaksin Moderna.

Meskipun demikian, produsen menyarankan mereka yang disuntik, memastikan dosis tindak lanjut  selesai dalam 6 minggu setelah suntikan pertama.

Produsen juga mengatakan dosis kedua sekarang lebih penting karena munculnya varian Covid-19.

Tetapi yang menjadi kekhawatiran adalah adanya kekurangan pasongan, dimana permintaan di seluruh dunia sangat tinggi, yang berarti menunggu dosis kedua vaksin Covid-19 bisa saja terjadi. Sehingga melewati batas jadwal suntikan yang seharusnya.

Berita baiknya, para ahli kesehatan mengatakan tidak perlu panik. Mereka meyakinkan, mereka yang telah melakukan suntikan pertama vaksin Covid-19, tidak perlu khawatir jika suntikan kedua ditunda.

“Jika dosis Anda tertunda selama beberapa hari atau beberapa minggu, saya tidak akan khawatir tentang itu,” jelas Dr. Dean Blumberg, Kepala Divisi Penyakit Menular di University of California Davis, kepada CDC (21/03/2021).

Baca Juga: Wanita Mengalami Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Lebih Kuat, Studi

Baca Juga: Asam Lambung Rendah Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Cara Mengatasinya

“Idealnya, orang akan mendapatkan vaksin tepat waktu, tetapi jika tertunda, kita tidak perlu memulai kembali rangkaian vaksin. Kami tahu bahwa satu dosis vaksin menghasilkan sekitar 90%n perlindungan dalam hal vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna. Itu dimulai sekitar 2 minggu setelah imunisasi pertama, ”kata Blumberg.