Find Us On Social Media :

Covid-Toes, Gejala Baru Covid-19 Pada Kaki dengan Ciri Ruam Kemerahan

Ruam kaki pada pasien Covid-19 yang disebut Covid-toes

GridHEALTH.id - Sebelum wabah virus korona, Dr. Lindy Fox, seorang dokter kulit di San Francisco, biasa menangani empat atau lima pasien setiap tahun dengan chilblains - lesi merah atau ungu yang menyakitkan yang biasanya muncul di jari tangan atau kaki di musim dingin.

Selama beberapa minggu terakhir, dia telah melihat lusinan. “Tiba-tiba, kami dibanjiri dengan jari-jari kaki,” kata Dr. Fox, yang berpraktek di University of California, San Francisco.

“Saya punya klinik yang dipenuhi orang yang datang dengan lesi jari kaki baru. Dan bukan orang yang sakit chilblains sebelumnya - mereka tidak pernah mengalami hal seperti ini. "

Ini juga bukan waktu tahun untuk chilblains, yang disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah kecil sebagai reaksi terhadap kondisi dingin atau lembab. “Biasanya, kami melihatnya di tengah musim dingin,” kata Dr. Fox.

Kondisi umum seringkali bermanifestasi berbeda pada kulit gelap. Namun dokter kebanyakan dilatih untuk mendiagnosisnya pada kulit putih.

Virus diketahui berdampak pada tubuh dalam banyak cara dan semakin cepat menyebar, semakin besar risiko kerusakan.

Baca Juga: Haruskah Pasien yang Pulih Mendapatkan Vaksin Covid-19? Ini Kata Ahli

Baca Juga: 5 Penyebab Haid Tak Kunjung Berhenti, Salah Satunya Gangguan Tiroid

Salah satu dampaknya pada kulit adalah dengan menyebabkan peradangan dan lesi meluas, yang dapat menyebabkan benjolan, pembengkakan, dan ruam.