Find Us On Social Media :

Konsumsi Asam Folat di Masa Kehamilan Kurangi Risiko Cacat Pada Bayi

Manfaat asam folat untuk ibu hamil untuk menghindari risiko cacat lahir pada bayinya.

GridHEALTH.id - Setiap ibu pasti menginginkan bayinya lahir sehat secara fisik dan psikis. Makanya, ibu diharapkan melakukan hal-hal penting untuk mencegah cacat lahir pada bayinya.

Salah satu hal yang sangat dianjurkan oleh dokter adalah kecukupan asupan asam folat setiap hari. Ini bahkan dilakukan sebelum pembuahan (perencanaan kehamilan).

Melansir dari cdc.gov dalam artikel 'Folic Acid', asam folat adalah vitamin B yang digunakan tubuh kita untuk membuat sel baru.

Baca Juga: 4 Cara Sederhana Siapkan Kehamilan Sehat, Salah Satunya Zat Besi dan 400 Mikrogram Asam Folat

Asam folat adalah bentuk sintetik (yang umumnya tidak terjadi secara alami) dari folat yang digunakan dalam suplemen dan makanan yang diperkaya seperti nasi, pasta, roti, dan beberapa sereal sarapan.

Selama perkembangan awal kehamilan, asam folat membantu membentuk tabung saraf.

Asam folat sangat penting karena dapat membantu mencegah beberapa cacat lahir utama pada otak bayi (anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida).

Dilansir dari tommys.org dalam artikel 'Benefits of taking folic acid before pregnancy', kebanyakan wanita yang ingin hamil dan sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat 400mcg setiap hari.