Find Us On Social Media :

Depresi Pada Anak Harus Diwaspadai Meski Kasusnya Sangat Jarang

Depresi Pada Anak yang Harus Segera Diatasi

GridHEALTH.id - Depresi masa kanak-kanak berbeda dari yang normal orang dewasa rasakan dan emosi sehari-hari yang dialami anak-anak saat mereka berkembang.

Hanya karena seorang anak tampak sedih bukan berarti mereka mengalami depresi berat.

Tetapi jika kesedihan terus berlanjut atau mengganggu aktivitas sosial, minat, tugas sekolah, atau kehidupan keluarga yang normal, itu mungkin berarti mereka mengidap penyakit depresi.

Ingatlah bahwa meskipun depresi adalah penyakit serius, depresi juga dapat disembuhkan.

Baca Juga: Jangan Salah, Bipolar Mania dan Hipomania Berbeda dengan Depresi

Adalah normal bagi anak-anak untuk merasa sedih, sedih, atau jengkel, atau memiliki suasana hati yang buruk dari waktu ke waktu.

Tetapi ketika perasaan dan pikiran negatif berlama-lama dan membatasi kemampuan anak untuk berfungsi secara normal, itu mungkin depresi.

Melansir dari kidshealth.org dalam artikel 'Depression', depresi adalah salah satu jenis gangguan mood. Tanda utamanya adalah ketika anak-anak sedih, putus asa, atau mudah tersinggung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan lebih lama.

Tanda lain seorang anak mungkin mengalami depresi adalah berpikir negatif. Ini termasuk memusatkan perhatian pada masalah dan kesalahan, kebanyakan bersikap kritis dan kritis terhadap diri sendiri, dan banyak mengeluh.