Find Us On Social Media :

Penyandang Diabetes Menolak Terapi Insulin, Ini Risiko yang Muncul

Terapi insulin membantu penyandang diabetes untuk memperoleh hidup yang lebih sejahtera.

GridHEALTH.id - Lebih dari 40% penderita diabetes tipe 2 awalnya menolak rekomendasi dokter untuk terapi insulin, ungkap sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Universitas Birmingham di Inggris.

Penelitian yang terbit pada November 2020 dan dimuat dalam European Journal of Endocrinology itu menyebutkan, orang dewasa yang lebih tua dan mereka yang sudah mengonsumsi obat diabetes lain lebih cenderung menolak terapi insulin.

Padahal orang yang menunda terapi insulin memiliki kontrol glikemik yang lebih buruk, dan mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai kadar gula darah yang lebih sehat.

Sampel yang diambil dari pasien di rumah sakit Queen Elizabet Hospital di Birmingham itu menemukan, 0rang dewasa yang lebih tua dan mereka yang sudah mengonsumsi obat diabetes lain lebih cenderung menolak terapi insulin.

Para peneliti mencatat bahwa menunda terapi insulin dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang parah dan memperpendek masa hidup seseorang. Perlu dicatat bahwa terapi insulin tidak selalu berupa suntikan insulin, namun dapat juga berupa obat oral (diminum).

Risiko ini muncul pada diabetes tipe 2.  Ini adalah bentuk diabetes yang paling umum, dan menyumbang sekitar 90% dari semua kasus diabetes.

Baca Juga: Inovasi Baru 2-in-1 insulin Co-Formulation Bantu Penyandang Diabetes Kelola Gula Darah

Baca Juga: Studi, Ketagihan Minuman Mengandung Alkohol Membuat Susah Tidur

Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah naik karena masalah dengan penggunaan atau produksi insulin.