Find Us On Social Media :

Kenali Fakta 9 Penyakit yang Dipicu Oleh Akibat Hubungan Seksual

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 12 April 2021 | 17:00 WIB

Merasa sedih atau kesakitan setelah berhubungan intim, bisa jadi akibat salah satu penyakit ini.

GridHEALTH.id - Tidak mood malam ini, atau ada kekhawatiran bahwa hubungan intim yang diminta pasangan bakal 'menyakitkan' lahir batin? 

Beberapa wanita, dan mungkin juga pria, bisa memiliki sejuta alasan untuk menolak berhubungan intim dengan pasangannya.

Kebanyakan mengeluh capek, tetapi sebenarnya, ketika harus menolak rayuan pasanan untuk berhubungan intim, adalah rasa sakit. Seperti munculnya sakit kepala yang menusuk, gejala mirip flu, atau bahkan amnesia?

Dilansir dari Sexual Health, ada beberapa gangguan penyakit yang diakibatkan oleh berhubungan intim. Mulai depresi pascakelahiran hingga sindrom penyakit pascorgasmik.

1. Hilang ingatan sementara (TGA/transient global amnesia)

Seorang wanita di New York pada tahun 2016 dikabarkan ingatannya mulai menghilang sekitar satu jam setelah berhubungan, dan dokter mendiagnosisnya dengan amnesia global sementara (TGA).

Ini adalah episode kehilangan ingatan sementara yang tiba-tiba mempengaruhi antara 23 dan 32 orang dari 100.000 orang setiap tahun di Amerika Serikat.

Baca Juga: Senam Pelvic Pria, Atasi Stres Hingga Bikin Hubungan Intim Makin Mesra

Baca Juga: Diabetes Gestasional Selama Kehamilan Bisa Munculkan Gangguan Jantung

Insiden itu dilaporkan dalam Journal of Emergency Medicine, dan para dokter sedikit bingung. Itu karena para peneliti tidak begitu yakin apa yang menyebabkan TGA.