Find Us On Social Media :

Diabetes Gestasional Selama Kehamilan Bisa Munculkan Gangguan Jantung

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 12 April 2021 | 13:00 WIB

Tingginya kadar gula darah yang disebut diabetes gestasional selama kehamilan dapat memuncukan risiko gangguan jantung.

GridHEALTH.id-  Beberapa wanita mungkin mengalami kadar gula darah tinggi selama kehamilan, suatu kondisi yang dikenal sebagai diabetes mellitus gestasional (GDM). Ini dapat meningkatkan kemungkinan komplikasi kehamilan seperti operasi sesar, kelahiran prematur, dan bahkan lahir mati.

Diabetes selama kehamilan juga dapat menyebabkan bayi tumbuh terlalu besar dan menyebabkan berat lahir berlebih.

Bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes gestasional mungkin berisiko tinggi mengalami sindrom gangguan pernapasan, gula darah rendah (hipoglikemia), obesitas, dan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Studi juga menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes gestasional memiliki risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dan preeklamsia selama kehamilan dan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Jika seorang wanita menyandang diabetes selama kehamilan, dia lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung di kemudian hari, menurut sebuah studi baru.

Dalam studi baru, para peneliti dari Kaiser Permanente di California, AS menemukan bahwa wanita dengan riwayat diabetes gestasional dua kali lebih mungkin mengembangkan kalsium di arteri jantung.

Baca Juga: Ibu Hamil Dengan Diabetes Tak Perlu Panik, Begini Mengendalikannya

Baca Juga: Cara Alami Obati Asam Urat, Salah Satunya Cukup Mengubah Gaya Hidup

Kondisi ini merupakan prediktor kuat penyakit jantung pada usia paruh baya. Anehnya, risiko kalsifikasi arteri jantung tetap ada meskipun mereka mempertahankan kadar gula darah normal setelah kehamilan, kata rekan penulis Erica P. Gunderson dari Kaiser Permanente.