Find Us On Social Media :

3 Alasan Mengapa Roti Tidak Disarankan Untuk Sahur dan Berbuka

Roti tidak disarankan untuk disantap saat sahur dan berbuka dengan alasan kesehatan.

GridHEALTH.id - Ada beberapa makanan yang menggugah selera saat sahur dan berbuka puasa, yaitu makan roti yang baru selesai dipanggang, roti yang dikukus, dan mentega krim.

Terutama setelah seharian berpuasa, roti yang lembut dan empuk akan memikat bahkan pencegah karbohidrat.

Tetapi seperti halnya kelompok makanan lainnya, makan roti berlebih di saat sahur dan berbuka  menyebabkan ketidaknyamanan dan penambahan berat badan.

Sebagian besar terbuat dari tepung putih, yang disuling untuk menghilangkan dedak dan kuman, roti bukanlah pilihan yang paling sehat.

Kita mungkin berpikir bahwa mengonsumsinya selama sebulan dalam setahun tidak akan banyak membahayakan, tetapi dokter memperingatkan agar tidak memakannya secara berlebihan.

Faktanya, ahli diet mengatakan sepotong roti seukuran telapak tangan kita sama setara lebih dari 130 kalori. Meskipun dari sudut pandang kalori ini mirip dengan roti gandum, karena kekurangan serat dan banyak nutrisi, itu hampir bisa dianggap kalori kosong.

Baca Juga: Akhir Pekan di Rumah, Mari Membuat Roti 'O yang Populer dan Lezat

Baca Juga: Cukup Perhatikan 9 Hal Ini Untuk Menurunkan Berat Badan, Tanpa Harus Olahraga Rutin

Ahli Gizi dan Ahli Diet Hazal Çatırtan Çobanoğlu dari Universitas Ankara di Turki memperingatkan bahwa karena roti terbuat dari tepung putih beragi, ia memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah periode puasa yang lama.