Find Us On Social Media :

Studi : Kandungan Molekul dalam Obat Asma Bisa Sembuhkan Covid-19

Seorang dokter merawat pasien Covid-19 di sebuah rumah sakit di ibu kota Ankara, Turki, 16 April 2021.

GridHEALTH.id - Sebuah tim ilmuwan dari dua universitas Turki telah menemukan bahwa montelukast, molekul yang digunakan dalam perawatan rutin sebagai obat asma, memiliki potensi kuat untuk digunakan dalam pengobatan virus corona.

Dengan uji coba lebih lanjut, obat tersebut dapat ditingkatkan dan digunakan melawan virus, kata para ilmuwan.

Para peneliti dari Bahçeşehir University dan Medipol University di Istanbul telah mempelajari molekul tersebut untuk sementara waktu di bawah proyek pengembangan obat bersama yang didukung oleh Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TÜBİTAK).

Studi yang memasuki fase uji coba Fase 2 ini membuktikan dalam uji praklinis bahwa molekul tersebut memblokir masuknya virus ke sel dan penggandaannya saat berada di dalam sel.

Para ilmuwan menyisir lebih dari 15.000 molekul melalui algoritme khusus yang dikembangkan untuk pemindaian virtual dan pemodelan molekul.

Sebanyak 25 di antaranya dipilih oleh para ilmuwan yang melanjutkan untuk menerapkan tes biologis pada molekul yang dipilih.

Baca Juga: Penyandang Alergi Perlu Tahu Tentang Efek Samping Vaksin Covid-19

Baca Juga: Diet Fruktosa Bisa Berbahaya, Hindari Makanan Ini Untuk Menjaga Sistem Kekebalan

Akhirnya, potensi montelukast ditemukan. Setelah sukses dalam uji netralisasi virus, uji klinis direncanakan. Uji coba Fase 2 akan dijalankan pada 380 relawan, di delapan pusat di Turki dan beberapa negara Eropa.