Find Us On Social Media :

Diet Fruktosa Bisa Berbahaya, Hindari Makanan Ini Untuk Menjaga Sistem Kekebalan

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 3 Mei 2021 | 11:30 WIB

Makanan manis kaya fruktosa dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya dihindari.

GridHEALTH.id -Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa diet yang kaya akan gula yang disebut diet fruktosa dapat berbahaya bagi sistem kekebalan dan dapat mengganggu semua proses penting dalam tubuh.

Apa itu fruktosa? Fruktosa adalah gula alami yang biasanya ditemukan pada buah dan sayuran yang kita konsumsi dalam makanan kita. Di sisi lain, sumber gula seperti pemanis berbahaya bagi tubuh dan dalam jangka panjang dapat merusak sistem kekebalan secara permanen.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Swansea menyatakan bahwa seseorang harus menjauhi diet kaya fruktosa yang umumnya terdiri dari minuman manis, manisan, dan makanan olahan.

Menurut hasil studi, jenis diet ini dapat menyebabkan penyakit kronis tertentu termasuk obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit hati berlemak non-alkohol dan asupannya juga dapat meningkat secara substansial di seluruh negara maju dalam beberapa tahun terakhir.

Fruktosa menyebabkan sistem kekebalan menjadi meradang dan proses itu menghasilkan lebih banyak molekul reaktif yang berhubungan dengan peradangan.

Peradangan semacam ini dapat terus merusak sel dan jaringan serta menyebabkan organ dan sistem tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Gula adalah Gula, Hati-hati dengan Berbagai Penamaan yang Bikin Terkecoh

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng Kesemutan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Studi baru-baru ini juga menjelaskan bagaimana fruktosa dapat dikaitkan dengan obesitas, karena peradangan sering dikaitkan dengan kondisi ini.