Find Us On Social Media :

Bulan Suci Hampir Berakhir, Ini 6 Tips Menjaga Kesehatan Setelah Ramadan

Kebiasaan makan yang sehat di bulan Ramadan harus tetap dipertahankan.

GridHEALTH.id - Setiap tahun, bulan suci Ramadan memberi kita kesempatan untuk menghilangkan pola makan yang tidak sehat dan memberikan istirahat yang sangat dibutuhkan pada sistem pencernaan yang terbebani.

Selama bulan suci ini, ritual puasa, salat malam, dan membaca Al-Qur'an setiap hari dapat memiliki efek transformasional pada perasaan sejahtera dan kepuasan kita secara keseluruhan.

Namun, setelah bulan Ramadan yang diberkahi telah berlalu dan hari raya Idul Fitri telah berakhir, berikut adalah 6 tips untuk menjaga manfaat kesehatan yang luar biasa dan kebiasaan yang dicapai dengan kerja keras selama Ramadan.

Baca Juga: Lagi Puasa dan Di Rumah Aja, Hati-Hati Kadar Kolesterol Malah Naik

1. Puasa dua kali seminggu

Cobalah berpuasa dua hari seminggu setelah Ramadan. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa puasa intermiten bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa intermiten mempercepat proses pembuangan limbah dari sel-sel mati dan rusak dari tubuh.

Para ilmuwan percaya bahwa kegagalan tubuh untuk membuang kelebihan limbah ini secara teratur mengakibatkan peningkatan munculnya penyakit kronis, terutama yang terkait dengan penuaan, seperti kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Coba juga puasa 6 hari Syawal. Puasa di Syawal memiliki manfaat spiritual yang sangat besar.