Find Us On Social Media :

Penyintas Covid-19 Mendapatkan Kembali Indra Penciuman Lewat Parfum

Perfumer Sue Phillips (Kiri) bekerja dengan kliennya Josh Goldenberg, yang kehilangan indra penciumannya akibat penyakit virus corona, di studionya di New York City, AS.

GridHEALTH.id -Kehilangan indra penciuman setelah tertular virus corona? Nah, Anda tidak sendiri. Jutaan orang terus mengalami gejala tersebut berbulan-bulan setelah sembuh.

Ketika Sahil Shah yang berusia 13 tahun kehilangan indra penciumannya karena Covid-19 pada November 2020, orangtuanya mencari bantuan ke mana-mana.

"Kami bertemu dengan ahli saraf, ahli bedah saraf, spesialis THT, dan mereka semua mengatakan jika seharusnya kembali, itu akan kembali sekarang," kata ayah Sahil, Pratik Shah.

Namun enam bulan kemudian, remaja asal Chicago itu masih belum memiliki indra penciuman atau pengecap.

Keluarga itu mencari bantuan dari sumber yang tidak terduga, ahli wewangian New York Sue Phillips. Dia telah membantu mengembangkan dan memasarkan parfum untuk Elizabeth Arden, Lancome dan Tiffany & Co, dan sekarang menjalankan perusahaannya sendiri, Scenterpris.

"Jadi izinkan saya memberi tahu Anda, pertama-tama, saya bukan dokter. Saya bukan ilmuwan. Saya bahkan bukan ahli kimia," kata Phillips kepada seorang klien di butiknya di Upper East Side of Manhattan.

Baca Juga: Setelah Anosmia, Muncul Parosmia, Gangguan Penciuman Pasien Sembuh Covid-19

Baca Juga: Facebook Dapat Menyebabkan Kecemburuan dan Kekecewaan, Studi

Untuk memulai proses membantu orang belajar mencium lagi, Phillips menyiapkan rangkaian 18 wewangian campuran khusus.