Find Us On Social Media :

Facebook Dapat Menyebabkan Kecemburuan dan Kekecewaan, Studi

Melihat media sosial seperti facebook bisa menimbulkan kecemburuan dan kekecewaan.

 

 GridHEALTH.id - Secara global, lebih dari 350 juta orang menderita depresi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pada saat yang sama, jejaring sosial Facebook memiliki total 1,39 miliar pengguna aktif bulanan hingga Desember 2019.

Sejak media sosial menjadi fenomena dalam dekade terakhir, banyak penelitian telah mengeksplorasi bagaimana situs seperti Facebook dapat mempengaruhi kesehatan mental penggunanya, dengan sekelompok peneliti Norwegia bahkan merilis "Skala Ketergantungan Facebook" pada tahun 2018.

Mereka mengklaim bahwa menggunakan Facebook melupakan masalah pribadi bisa berarti seseorang mengalami kecanduan sebagian.

Sebuah survei baru-baru ini menambahkan kredibilitas pada perasaan yang dialami banyak orang yang menguntit media sosial pada pukul 2 pagi - bahwa beberapa penggunaan Facebook dapat menyebabkan kecemburuan dan kekecewaan.

Studi yang dirilis minggu ini oleh tim di University of Missouri menyimpulkan bahwa cara seseorang menggunakan media sosial bisa menjadi faktor penting. Jika mengklik melalui Facebook menimbulkan perasaan iri, para peneliti yakin, gejala depresi bisa segera menyusul.

Dalam studi tersebut, tim menemukan "penggunaan pengawasan" di Facebook dapat menyebabkan efek negatif. Penggunaan pengawasan didefinisikan sebagai saat pengguna menjelajahi media sosial untuk membandingkan dirinya dengan teman.

Baca Juga: Mengaku Depresi, Salmafina Sunan 'Say Goodbye To Instagram', Ini Keuntungannya Buat Kesehatan Bila Tinggalkan Media Sosial

Baca Juga: Hindarkan Anak-anak dari Aneka Penyakit Infeksi, Begini Caranya

Merasa cemburu pada teman yang mengambil liburan mahal, menikmati hubungan yang bahagia, dan bekerja dalam karier yang sukses dapat memicu perasaan depresi.