Find Us On Social Media :

Tekanan Darah Tinggi Disebut 'Silent Killer', Padahal Ini Gejalanya

Akan lebih baik lagi jika kita menjaga tekanan darah tetap terkendali sehingga terhindar dari hipertensi 

GridHEALTH.id - Jantung memompa darah yang kaya oksigen ke berbagai bagian tubuh melalui pembuluh darah utama yang disebut arteri.

Tekanan darah (BP) adalah kekuatan yang diterapkan oleh darah di dinding arteri. TD terdiri dari dua angka: TD sistolik dan TD diastolik.

Angka pertama, TD sistolik, adalah TD saat jantung berdetak. Angka kedua, disebut TD diastolik, adalah TD saat jantung beristirahat di antara dua detak.

Pembacaan normal tekanan darah sistolik dan diastolik adalah 120/80 mmHg. Tekanan darah tinggi atau hipertensi didiagnosis ketika pembacaan sistolik dan diastolik lebih besar dari atau sama dengan 140 mmHg dan 90 mmHg, masing-masing.

Secara global, satu dari empat orang menderita hipertensi. Sekitar 3,5 miliar orang memiliki tingkat TD lebih dari 110–115 mmHg, dan 874 juta orang memiliki TD sistolik lebih dari 140 mmHg.

Orang dengan pembacaan TD antara 120/80 dan 129/89 mmHg dianggap sebagai prahipertensi. 0rang-orang ini tidak memiliki tekanan darah serendah yang seharusnya tetapi tidak dianggap menderita hipertensi.

Baca Juga: 7 Minyak Esensial Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Baca Juga: Komunitas KillCovid-19 Bantu Alat Kesehatan Untuk Mesjid Istiqlal

Ada dua tahapan hipertensi:

- Tahap I: Saat pembacaan BP 130/80 mmHg.