Find Us On Social Media :

Diabetes Tipe 2 Paling Banyak Dialami Penduduk Bumi, Kenali Faktor Risiko dan Komplikasinya

Malas bergerak dan kegemukan contoh faktor utama yang berkontribusi terhadap perkembangan munculnya diabetes.

GridHEALTH.id - Diabetes tipe 2 adalah silent killer karena berkembang perlahan selama periode waktu tertentu.

Ada faktor yang tidak dapat dimodifikasi seperti usia, genetika, dan etnis yang memang berperan dalam perkembangan diabetes tipe 2.

Tetapi faktor risiko yang dapat dimodifikasi seperti pola makan dan gaya hiduplah yang telah meningkatkan jumlah penyandang diabetes tipe 2 dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut adalah faktor risiko yang merupakan pencetus munculnya diabetes tipe 2 menurut European Association for the Study of Diabetes (EASD):

1. Obesitas: Kebanyakan orang yang didiagnosis dengan diabetes tipe 2 mengalami kelebihan berat badan. Ini karena peningkatan simpanan lemak membuat tubuh  lebih sulit untuk menggunakan insulin dengan cara yang benar.

2. Ketidakaktifan fisik: Gaya hidup malas bergerak adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap perkembangan obesitas yang terkait dengan diabetes.

Baca Juga: Berat Badan Turun Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes, Simak Ciri Lainnya!

BACA JUGA: Kebiasaan Tak Sarapan Pagi Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

3. Riwayat keluarga: Warisan gen dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Diperkirakan bahwa anak-anak dengan satu orangtua menderita diabetes memiliki risiko dua kali lipat untuk mengembangkannya sebagai orang dewasa.