Find Us On Social Media :

5 Jenis Makanan yang Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Studi telah menemukan jeruk bali terkait dengan penurunan tekanan darah sistolik (SBP) dan tekanan darah diastolik (DBP) pada pasien hipertensi.

GridHEALTH.id - Diperkirakan sekitar sepertiga populasi orang dewasa di dunia menyandang hipertensi atau tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko nomor satu yang dapat dimodifikasi untuk penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Para penyandang hipertensi ini harus mengelola tekanan darahnya dengan baik agar tidak berkembang menjadi komplikasi penyakit lain.

Selain tetap mengonsumsi obat yang diberikan dokter, di bawah ini ada lima jenis makanan/minuman yang memiliki sifat antihipertensi yang layak dikonsumsi;

1. Teh hitam/ teh hijau

Penelitian telah mengungkapkan bahwa konsumsi teh hijau atau hitam dapat menurunkan tekanan darah dalam jumlah yang kecil tetapi konsisten.

Katekin, sejenis senyawa fenolik yang banyak ditemukan dalam teh, dianggap berkontribusi pada sifat antihipertensi.

Sebuah studi terbaru dari University of California, Irvine menemukan bahwa dua senyawa flavonoid tipe katekin (epicatechin gallate dan epigallocatechin-3-gallate) dalam teh membantu mengendurkan pembuluh darah dengan mengaktifkan jenis protein saluran ion tertentu di dinding pembuluh darah, bernama KCNQ5.

Baca Juga: Sering Batuk, Ternyata Bisa Jadi Awal Gejala Tekanan Darah Tinggi

Baca Juga: Ibu Makan Bawang Putih Mentah Saat Menyusui, Bayi Akan Mengisap ASI Lebih Banyak, Studi

Hal ini memungkinkan ion kalium berdifusi keluar dari sel untuk mengurangi rangsangan sel, kata penelitian yang diterbitkan dalam Cellular Physiology and Biochemistry.