Find Us On Social Media :

Sering Batuk, Ternyata Bisa Jadi Awal Gejala Tekanan Darah Tinggi

Sering batuk bisa menjadi gejala awal tekanan darah tinggi.

GridHEALTH.id - Hipertensi atau tekanan darah tinggi telah menjadi silent killer pada penyakit non-menular di seluruh dunia yang perlu diwaspadai.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana jantung harus bekerja lebih keras memompa darah ke seluruh tubuh, biasanya tanpa disertai gejala. Tidak adanya gejala tekanan darah tinggi ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

Dalam kondisi yang jarang terjadi, tekanan darah tinggi secara konsisten bisa menyebabkan tubuh mengalami perubahan yang terlihat. Ada laporan bahwa batuk kronis mungkin menandakan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi dalam European Respiratory Journal yang dimuat di Medical News Today bertujuan untuk mengukur prevalensi gejala ini pada pasien hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Penelitian ini melibatkan 68 pasien batuk kronis di Rumah Sakit MFT Wythenshawe di Manchester.

Subjek kontrol yang sesuai jenis kelamin dan usia juga dilibatkan, dari staf rumah sakit, individu yang menemani pasien pada kunjungan klinik dan kelompok sosial lokal.

Baca Juga: Terungkap, Usia Perawatan Akibat Gagal Jantung di Indonesia Lebih Muda Dibanding Negara ASEAN Lainnya, Ini Penyebabnya

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Menjaga Berat Badan Agar Tetap Langsing dan Ideal

Perokok, mereka dengan kondisi kardiovaskular, kecuali hipertensi dan mereka yang memiliki penyakit pernapasan selain batuk tidak dilibatkan.