Find Us On Social Media :

7 Penyebab Kolesterol Tinggi Tanpa Disadari yang Perlu Diwaspadai

Selain pola makan, ada faktor penyebab tingginya kadar kolesterol yang harus diwaspadai.

GridHEALTH.id - Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung, dan kebanyakan dari kita percaya bahwa peningkatan kadar kolesterol adalah akibat langsung dari pilihan makanan yang buruk.

Sementara diet memainkan peran penting dalam menentukan kadar kolesterol ternyata itu bukan satu-satunya faktor yang bertanggung jawab atas peningkatan kadar kolesterol.

Dikutip dari American Heart Association, ada  7 faktor penyebab tingginya kadar kolesterol yang harus diwaspadai karena seringkali tidak disadari;

1. Ketidakaktifan fisik

Ada kesalahpahaman umum bahwa perubahan pola makan cukup untuk mengontrol kadar kolesterol, jika seseorang tidak kelebihan berat badan.

Tetapi mereka yang tidak kelebihan berat badan mungkin juga memiliki kolesterol tinggi jika mereka mengikuti gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Ada beberapa penelitian yang menyoroti peran latihan aerobik dan kekuatan terhadap kadar kolesterol dalam darah. Olahraga tidak hanya menurunkan kolesterol jahat (LDL) tetapi juga meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Baca Juga:  Mandi Air Hangat Bantu Turunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah

Baca Juga: Kerusakan Saraf, Salah Satu Komplikasi Diabetes Paling Dikhawatirkan

2. Olah raga berlebihan

Terlalu banyak hal dapat berbahaya bagi kesehatan, bahkan jika olah raga. Latihan intensitas tinggi tertentu dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.