Find Us On Social Media :

Jari Kaku dan Tanda-tanda Tak Biasa Lainnya dari Diabetes Tipe 2

Jari kaku menjadi salah satu tanda munculnya diabetes tipe 2

GridHEALTH.id - Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi yang datang dengan gejala diam. Jadi, sampai waktu yang lama setelah kadar gula darah melonjak, kita mungkin tidak tahu bahwa kita hidup dengan kondisi ini.

Terlepas dari gejala yang menonjol seperti rasa haus yang berlebihan dan keinginan untuk buang air kecil yang tidak biasa, ada cara lain yang kadang-kadang ditunjukkan oleh tubuh saat kita sudah terkena diabetes tipe 2.

Baru-baru ini, para ilmuwan telah dapat menemukan manifestasi aneh dari kadar gula darah tinggi: Trigger finger, yang secara medis dikenal sebagai flexor tenosynovitis.

Ini adalah kondisi yang menyakitkan di mana kita tidak dapat melenturkan atau memperpanjang jari karena terkunci.

Ini terjadi karena pertumbuhan berlebih dari jaringan di membran pelindung otot fleksor. Padahal otot-otot ini memberi jari-jari fleksibilitas untuk menggulung.

Trigger finger terjadi karena pertumbuhan berlebih dari jaringan di selubung tendon (selaput pelindung) otot fleksor, otot yang biasanya memungkinkan jari melengkung.

Baca Juga: Nilai Tinggi Pemeriksaan HbA1C Pada Penyandang Diabetes Wajib Diwaspadai, Ini Cara Menurunkannya

Baca Juga: 7 Tips Dari Psikolog Cara Mendiskusikan Masalah Menstruasi Dengan Anak

Para ahli berspekulasi bahwa ketika seseorang menderita diabetes tipe 2 dalam waktu lama, ikatan ireversibel berkembang antara glukosa dan protein dalam jaringan, yang akhirnya merusaknya.