Find Us On Social Media :

Tekanan Darah Tinggi Saat Tidur Bisa Meningkatkan Risiko Stroke

Tekanan darah tinggi di malam hari merupakan faktor risiko independen munculnya risiko stroke.

ridHEALTH.id - Orang yang mengalami tekanan darah tinggi saat tidur lebih mungkin untuk mengalami penyakit kardiovaskular di masa depan terutama gagal jantung, bahkan ketika tekanan darah siang hari mereka dalam kisaran normal, para peneliti dari Jichi Medical University di Jepang memperingatkan.

Menurut mereka, tekanan darah malam hari semakin diakui sebagai prediktor risiko kardiovaskular.

Studi ini, yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, memberikan informasi mendalam tentang risiko kardiovaskular yang terkait dengan tekanan darah tinggi di malam hari. 

Untuk temuan ini, tim meneliti 6.359 pasien dari seluruh Jepang antara 2009 dan 2017 dan mengukur tingkat siang dan malam hari menggunakan monitor rawat jalan yang dapat dipakai di rumah.

Tekanan darah diukur selama aktivitas sehari-hari dan tidur setidaknya selama 24 jam setiap kali, dan data perangkat diunduh secara berkala di klinik perawatan kesehatan.

Hampir setengah dari peserta penelitian adalah laki-laki, dan lebih dari setengahnya berusia di atas 65 tahun.

Baca Juga: Serangan Stroke Bisa Diprediksi 30 Hari Sebelumnya, Gangguan Kesehatan Ini Jadi Pertanda

Baca Juga: 7 Minyak Esensial Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Semua pasien memiliki setidaknya satu faktor risiko kardiovaskular, dan tiga perempat dari mereka menggunakan obat tekanan darah, dan tidak ada yang memiliki gejala penyakit kardiovaskular saat penelitian dimulai.