Find Us On Social Media :

3 Tips Cara Menyuntikkan Insulin dengan Benar Bagi Penyandang Diabetes

Obat suntik insulin untuk penyandang diabetes harus dilakukan dengan benar agar efektivitasnya terasa.

GridHEALTH.id - Jika kita penyandang diabetes dan menggunakan suntikan insulin atau pena, penting untuk mengetahui cara menggunakannya dengan benar.

Menyuntikkan insulin di tempat yang sama setiap hari atau menggunakannya tepat setelah dikeluarkan dari lemari es bukanlah hal yang benar untuk dilakukan.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang perlu diketahui jika menggunakan suntikan insulin.

Dr Pradeep Gadge, Ahli Diabetes, Pusat Diabetes Gadge, di Mumbai berbagi tips tentang cara menggunakan insulin dengan cara yang benar dan kesalahan umum yang sebagian besar dari kita lakukan saat menggunakannya.

#1. Hindari menyuntik selalu di tempat yang sama

Sayangnya, kebanyakan orang yang menggunakan insulin menyuntikkannya di tempat yang sama.

Inilah alasannya, mengapa kita menderita rasa sakit atau abses saat kita menekan area yang sama, lagi dan lagi, meningkatkan risiko peradangan. Ini juga menyebabkan lipodistrofi atau pengerasan lemak di area tertentu.

Bila kita menyuntikkan berulang kali di tempat yang sama akan menyebabkan benjolan atau penyok di kulit, yang selanjutnya mempersulit penyuntikan insulin.

Baca Juga: Penyandang Diabetes Menolak Terapi Insulin, Ini Risiko yang Muncul

Baca Juga: Edema Dapat Membuat Kita Terlihat Gemuk, Ini 3 Cara Mengurangi Cairan di Dalam Tubuh

#2. Perhatikan teknik menyuntik di area perut

Berikut adalah teknik yang perlu kita ikuti saat menyuntikkan insulin di perut. Biarkan sekitar empat jari di sekitar pusar dan mulailah menyuntikkan dengan gerakan melingkar di sekitar pusar mulai dari satu titik.