Find Us On Social Media :

Pahami Tentang Pentingnya Pengaruh MPASI untuk Immune Booster Anak

Menu MPASI harus disesuaikan dengan tahapan usia dan kemampuan anak.

GridHEALTH.id - Makanan pendamping ASI sangat penting diberikan ke anak di saat ASI saja sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang sedang bertumbuh dan berkembang. Umumnya di usia 6 bulan ke atas.

Pemberian MPASI yang tidak tepat merupakan salah satu faktor utama terjadinya stunting pada anak.

Stunting atau perawakan pendek karena masalah nutrisi kronis saat ini merupakan masalah nutrisi utama di Indonesia karena efek jangka panjangnya terhadap kecerdasan anak.

Berikut adalah tanya jawab dengan  dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A (K),   Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi Metabolik dari  RS Pondok Indah - Pondok Indah tentang 'Pentingnya  Pengaruh MPASI untuk Immune Booster Anak';

1. Usia berapa idealnya MPASI diberikan kepada anak?

Saat tepat untuk memulai MPASI tidak hanya ditentukan dari usia anak. Faktor utama yang harus diperhatikan untuk memulai MPASI adalah kesiapan motorik, saluran cerna, dan psikologis anak.

Baca Juga: Studi: Makan Pisang Sejak MPASI Sampai 2 Tahun Mampu Turunkan Risiko Leukemia Pada Anak

Baca Juga: Penyakit Infeksi Kulit Rentan Dialami Lansia, Ini Penyebabnya

Saluran cerna anak siap menerima makanan padat paling cepat pada usia 4 bulan, selain itu anak juga diharapkan sudah memiliki kemampuan motorik kasar untuk menegakkan kepala dan dada saat didudukkan, serta memiliki ketertarikan untuk makan.