Find Us On Social Media :

Tidak Semua Penyandang Obesitas Menderita Penyakit Sindrom Metabolik, Ini Penjelasannya

Tidak semua orang gemuk berisiko tinggi terkena penyakit sindrom metabolik.

GridHEALTH.id - Orang gemuk cenderung memiliki kadar glukosa dan lipid yang tidak sehat dalam darah mereka, serta tekanan darah tinggi, yang membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular dan metabolisme.

Tetapi tidak setiap individu dengan kelebihan berat badan sama-sama berisiko terkena penyakit sindrom metabolik, kata sebuah studi baru

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Metabolism, hingga 45% orang yang hidup dengan obesitas memiliki tekanan darah dan kadar glukosa dan lipid yang sehat, dan oleh karena itu mereka mungkin tidak berisiko tinggi terkena penyakit sindrom metabolik.

Para peneliti juga telah mengidentifikasi berbagai gen yang terkait dengan peningkatan kadar lemak tubuh dan risiko penyakit sindrom metabolik yang lebih rendah.

Gen yang muncul untuk membantu menjaga jaringan lemak yang sehat mungkin menawarkan target terapi baru untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung pada orang gemuk, kata peneliti Tuomas Kilpelainen dari University of Copenhagen.

Gen yang diidentifikasi juga terlibat dalam berbagai fungsi lain dalam tubuh, termasuk pengaturan dan perkembangan sel lemak, distribusi lemak tubuh, serta pengaturan energi dan peradangan, kata para peneliti.

Baca Juga: Edema Dapat Membuat Kita Terlihat Gemuk, Ini 3 Cara Mengurangi Cairan di Dalam Tubuh

Baca Juga: Pengobatan Alami Lidah Buaya Untuk Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Kenaikan berat badan dan indeks massa tubuh terkait dengan meningkatnya insiden diabetes tipe 1 dan tipe 2.