Find Us On Social Media :

Luka Diabetes Sering Membuat Rancu Istilah Diabetes Basah dan Diabetes Kering, Padahal Tidak Dikenal di Dunia Kedokteran

Kelola diabetes dengan baik agar bila terjadi luka tidak akan menimbulkan komplikasi.

GridHEALTH.id - Masih banyak yang suka menyebut diabetes basah dan diabetes kering. Padahal di dalam dunia kedokteran, tidak ada istilah yang menggolongkan hal ini.

Yang ada adalah diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes gestasional atau pradiabetes.

Kebanyakan orang awam menggolongkan diabetes kering atau diabetes basah, istilah ini ditujukan kepada jenis luka komplikasi yang dialami penyandang diabetes.

Sebelumnya perlu diketahui, penyakit diabetes atau kencing manis berisiko menyebabkan komplikasi pada penyandangnya. Termasuk bila mengalami luka.

Contohnya, jika penyandang diabetes terkena luka di kakinya, lalu tidak juga sembuh, bahkan hingga bernanah, wujud luka inilah yang kemudian merujuk pada penyebutan diabetes basah.

Sementara pada istilah diabetes kering, luka yang dialami penyandang bisa sembuh, atau meski sembuhnya tidak sempurna namun tidak sampai bernanah.

Baca Juga: Gejala Diabetes, Jawab 8 Pertanyaan Ini Untuk Memastikan Apakah Kita Sudah Menyandang Diabetes

Baca Juga: Khasiat Bawang Putih dan Madu, Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan

Padahal, luka yang bisa sembuh ini atau tidak sampai bernanah karena si penyandangnya mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.