Find Us On Social Media :

Waspada, Diare Pada Anak Karena Penyakit Infeksi Akibatnya Lebih Fatal

Pastikan penanganan segera bila terjadi diare pada anak agar akibatnya tidak fatal.

GridHEALTH.id - Diare adalah masalah umum pada bayi dan anak-anak, tetapi jika tidak dikelola dengan baik, dapat dengan cepat menjadi mematikan.

Ini adalah penyebab kematian anak terbesar kedua secara global, setelah pneumonia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 2,3 juta anak di bawah usia lima tahun meninggal di India setiap tahun, di mana 334.000 di antaranya disebabkan oleh kondisi tersebut.

Ini adalah tragedi yang tidak perlu karena sejatinya penyakit ini mudah dicegah dan disembuhkan.

Seorang anak dikatakan menderita diare jika buang air besar encer atau cair sedikitnya tiga kali sehari. Gejala lain dari diare termasuk muntah, sakit perut, sakit kepala dan demam.

Kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh infeksi gastrointestinal yang disebabkan oleh beberapa jenis bakteri, virus, atau parasit yang ditularkan ke manusia melalui makanan atau air yang terkontaminasi.

Sedemikian rupa sehingga sekitar 88% anak yang meninggal karena diare, tertular karena mengkonsumsi air yang tidak bersih, hidup dengan higiene di bawah standar dan dalam kondisi sanitasi yang buruk.

Baca Juga: Penyakit Infeksi Pencernaan, Ini 5 Tips Mengatasi Diare Pada Anak

Baca Juga: Luka Diabetes Sering Membuat Rancu Istilah Diabetes Basah dan Diabetes Kering, Padahal Tidak Dikenal di Dunia Kedokteran

Penyebab paling umum dari diare adalah rotavirus dan bertanggung jawab atas sekitar 40% dari semua rawat inap di rumah sakit di antara anak-anak di bawah usia lima tahun, di seluruh dunia.