Find Us On Social Media :

Metformin, Obat Diabetes Paling Top Bisa Digunakan Sebagai Terapi Tambahan Bagi Penyandang HIV, Studi

Obat diabetes metformin dapat digunakan sebagai terapi tambahan bagi penyandang HIV/AIDS

GridHEALTH.id - Sekitar 38 juta orang hidup dengan HIV (human immunodeficiency virus) dan hampir 33 juta lainnya kehilangan nyawa karena virus yang ditularkan melalui darah ini, menurut perkiraan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia pada 2019.

Sementara HIV terus menjadi masalah kesehatan masyarakat global yang utama, akses yang lebih baik ke pencegahan, diagnosis, pengobatan dan perawatan HIV yang efektif, telah memungkinkan orang dengan kondisi tersebut untuk menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Menurut WHO, infeksi HIV baru turun 39% dan kematian terkait HIV turun 51 % antara tahun 2000 dan 2019.

Selama periode ini, sebanyak 15,3 juta nyawa diselamatkan karena terapi antiretroviral (ART).

Meskipun belum ada obat untuk HIV, pengobatan dengan kombinasi obat antiretroviral dapat mengendalikan virus dan memungkinkan orang dengan HIV untuk hidup panjang dan sehat.

Oleh karena itu, ART direkomendasikan untuk semua orang yang hidup dengan HIV sementara para ilmuwan di seluruh dunia sedang bekerja mencari cara untuk membasmi virus.

Baca Juga: Metformin Paling Banyak Diresepkan Untuk Diabetes Tipe 2, Begini Cara Mengonsumsinya Agar Efektivitas Terasa

Baca Juga: Batuk Malam Hari, Coba Pengobatan Rumahan Ini Agar Bisa Tidur Nyenyak

Dalam perkembangan terakhir, tim peneliti telah mengindikasikan bahwa obat diabetes yang banyak digunakan, metformin, mungkin merupakan senjata baru melawan HIV.