Find Us On Social Media :

8 Tanda Diabetes Muncul di Kulit, Bersisik Hingga Sering Gatal

Orang dengan diabetes tipe-2 lebih rentan terhadap penyakit kulit. Di antaranya muncul skin tag.

GridHEALTH.id - Masalah kulit adalah komplikasi umum dari diabetes. Banyak orang yang menyandang diabetes juga memiliki gejala yang terlihat pada kulit.

Orang dengan diabetes tipe-2 lebih rentan terhadap penyakit kulit. Beberapa kelainan kulit dapat merupakan manifestasi langsung dari diabetes atau reaksi alergi terhadap insulin atau obat diabetes.

Waspadai perubahan yang tidak biasa pada kulit, yang dapat mengindikasikan diabetes seperti tercantum dalam Journal of Diabetes, Obesity and Metabolism;

1. Bercak kuning atau kemerahan atau cokelat pada kulit

Gangguan kulit diabetes ini sering disalahartikan sebagai jerawat. Ini dimulai sebagai benjolan padat kecil, yang memburuk menjadi bercak kulit yang bengkak dan keras. Akhirnya ini berubah menjadi bisul diabetes yang gatal dan menyakitkan.

2. Bercak-bercak gelap pada kulit

Jika memiliki bercak-bercak gelap pada kulit di sekitar ketiak, selangkangan, atau bagian belakang leher, pergilah ke dokter kulit. Ini adalah gejala khas diabetes.

3. Kulit kering dan gatal

Diabetes dapat menyebabkan kulit kering. Dan gula darah tinggi bertanggung jawab untuk menyebabkan kulit kering dan gatal.

Baca Juga: Diet Rendah Kalori, Pola Makan Paling Tepat Untuk Penyandang Diabetes

Baca Juga: 6 Cara Membantu Si Kecil Melawan Obesitas Pada Anak, Panduan WHO

4. Bercak bersisik kekuningan di sekitar kelopak mata

Diabetes yang tidak terkontrol memungkinkan ada peningkatan kadar lemak dalam darah.