Find Us On Social Media :

Diet Rendah Kalori, Pola Makan Paling Tepat Untuk Penyandang Diabetes

Kendalikan diabetes dengan pola makan diet rendah kalori.

GridHEALTH.id - Ada kabar baik bagi penyandang diabetes. Para ahli mengatakan bahwa kita sekarang dapat membalikkan kondisi kita hanya dengan menurunkan berat badan.

Jadi, jika kita mencapai penurunan berat badan yang ditargetkan,  dan tetap menjaga pola makan rendah kalori, kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada obat-obatan dan suntikan insulin yang menyakitkan.

Sebuah studi di Universitas Newcastle, Inggris, mengatakan bahwa jika orang dengan diabetes tipe 2 melakukan diet rendah kalori, kondisinya mungkin dapat dibalik.

Menurut peneliti, “Kelebihan kalori menyebabkan kelebihan lemak di hati, Karena itu, hati merespons insulin dengan buruk dan menghasilkan terlalu banyak glukosa.

Selain itu, kelebihan lemak di hati diteruskan ke pankreas. Hal ini menyebabkan sel-sel yang memproduksi insulin gagal.

Namun, kehilangan kurang dari 1 gram lemak dari pankreas melalui diet dapat memulai kembali produksi insulin normal, membalikkan diabetes tipe 2. Pembalikan kodnisi diabetes ini tetap mungkin selama setidaknya 10 tahun setelah timbulnya kondisi tersebut.”

Baca Juga: Tanya Jawab Seputar Diet Rendah Kalori, Diet Paling Sehat Untuk Turunkan Berat Badan

Baca Juga: Penyakit Infeksi Malaria Masih Jadi Ancaman, Ketahui Cara Menghindarinya

Menurut peneliti, diabetes tipe 2 disebabkan oleh kelebihan lemak di hati dan pankreas. Karena itu, hati merespons insulin dengan buruk.