Find Us On Social Media :

Diabetes Tipe 1 Yang Tak Terkendali Dapat Mempersingkat Hidup Wanita Hingga 18 tahun, Studi

Wanita dengan diabetes tipe 1 diprediksi lebih pendek umurnya 18 tahun.

GridHEALTH.id -  Wanita dengan diabetes tipe 1, suatu kondisi kronis di mana pankreas menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin, meninggal rata-rata hampir 18 tahun lebih awal daripada wanita yang tidak menyandang diabetes.

Menurut sebuah penelitian baru, pria dalam situasi yang sama kehilangan hampir 14 tahun kehidupan. Kehidupan pasien yang didiagnosis pada usia 26-30 tahun dipersingkat dengan rata-rata sepuluh tahun.

Seorang peneliti di American Diabetes Association, Araz Rawshani mengatakan, “Ini adalah angka yang mengecewakan dan sebelumnya tidak diketahui.

Studi ini menunjukkan bahwa kita harus melakukan upaya yang lebih besar untuk secara agresif merawat pasien yang didiagnosis pada usia dini untuk mengurangi risiko komplikasi dan kematian dini.” 

Penelitian ini didasarkan pada bahan ekstensif dari registri yang telah memantau 27.195 orang dengan diabetes tipe 1 selama rata-rata sepuluh tahun.

Sementara para peneliti sudah tahu bahwa diabetes tipe 1 dikaitkan dengan harapan hidup yang lebih rendah sampai sekarang tidak jelas apakah dan berapa banyak jenis kelamin dan usia saat onset penyakit mempengaruhi harapan hidup dan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Diet Rendah Kalori, Pola Makan Paling Tepat Untuk Penyandang Diabetes

Baca Juga: CT Value, Angka yang Perlu Diperhatikan Saat Melihat Hasil Tes PCR

Probabilitas penyakit kardiovaskular yang parah umumnya terbukti 30 kali lebih tinggi bagi mereka yang mengembangkan diabetes tipe 1 sebelum usia sepuluh tahun dibandingkan dengan kontrol.