Find Us On Social Media :

Tips Mengobati Luka Diabetes, Segera Tangani Sekecil Apapun Luka

Segera konsultasi dengan dokter cara merawat luka pada penyandang diabetes.

GridHEALTH.id - Diabetes yang tidak terkontrol adalah salah satu alasan yang menempatkan kita pada risiko kaki diabetik atau borok.

Namun, ada berbagai faktor seperti neuropati sensorik perifer, cedera ringan pada kaki, perawatan luka yang tidak higienis, atau perlindungan kaki yang buruk.

Karenanya pencegahan ulkus kaki sangat penting, terutama pada penyandang diabetes dengan neuropati, penyakit pembuluh darah perifer, atau kelainan struktural kaki.

Tidak seperti cedera atau memar pada individu non-diabetes, pengelolaan masalah kaki diabetik biasanya memerlukan intervensi dan perawatan ahli.

Sejauh menyangkut luka pada penyandang diabetes, kita perlu mengikuti saran pencegahan dan pengobatan dan menghindari pengobatan sendiri atau mencoba pengobatan alami untuk mengobati kondisi tersebut.

Baca Juga: Luka Diabetes, Ini Pentingnya Pemeriksaan Kaki Setiap Hari

Baca Juga: Pancuran Air di Kamar Mandi Bisa Sebabkan Penyakit Infeksi Paru, Studi

Berikut adalah langkah demi langkah tentang pengobatan ulkus kaki diabetik dari Dr Udaya Kumar Maiya, Direktur Medis, Portea Medical Center di Mumbai, India.

Langkah 1: Membersihkan luka

Ini termasuk menghilangkan debu, kotoran, benda asing dan jaringan yang terinfeksi atau mati, termasuk nanah, diikuti dengan pembalut luka, untuk mempercepat penyembuhan luka.