Find Us On Social Media :

Luka Diabetes, Ini Pentingnya Pemeriksaan Kaki Setiap Hari

Penyandang diabetes bisa menyelamatkan kaki mereka jika rajin memeriksakan kakinya.

 

GridHEALTH.id - Penyandang diabetes sering menjadi korban ulkus kaki dan menurut dokter, ini harus ditanggapi dengan sangat serius karena dapat berujung pada amputasi.

Luka yang mungkin awalnya hanya sebesar bisul, bisa menyebabkan gangren yang pada akhirnya dokter tidak punya pilihan  selain mengamputasi kakinya.

Dr Arun Bal, pendiri Diabetic Foot Society of India (DFSI) dan salah satu ahli bedah kaki diabetes paling terkenal di India, seperti dikutip dari The Indian Express (19/06/2021) mengatakan, sejatinya ribuan penyandang diabetes dapat menyelamatkan kaki mereka jika memeriksa kakinya setiap hari dan mengikuti tes penilaian kaki tahunan. Penilaian ini mengungkapkan aliran darah di arteri kaki.

Kebanyakan penyandang diabetes secara rutin memeriksakan mata dan ginjal mereka tetapi mengabaikan kaki mereka.

Hal ini sering menyebabkan kurangnya sensasi pada kaki. Tetapi karena tidak ada rasa sakit, kebanyakan pasien tidak menyadari gawatnya situasi.

" Karena berbagai komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, kaki pasien bisa menjadi rentan," kata Dr Shashank Joshi, ahli diabetes senior dan presiden Indian Academy of Diabetics, dikutip dari The Indian Express (19/06/2021).

Baca Juga: Luka Diabetes Sering Membuat Rancu Istilah Diabetes Basah dan Diabetes Kering, Padahal Tidak Dikenal di Dunia Kedokteran

Baca Juga: Metformin, Obat Diabetes Paling Top Bisa Digunakan Sebagai Terapi Tambahan Bagi Penyandang HIV, Studi

Neuropati, masalah pembuluh darah dan penyembuhan luka yang tertunda dapat menyebabkan ulserasi kronis pada kaki.