Find Us On Social Media :

Melengkapi Nutrisi Si Kecil dengan Camilan yang Melatih Fungsi Motorik

Pemilihan MPASI yang tepat bisa menstimulasi perkembangan motorik anak.

GridHEALTH.id -  Pemberian MPASI di usia 6 bulan merupakan periode penting bagi tumbuh kembangnya, karena pada periode ini anak juga mulai belajar mengenal bentuk dan rasa makanan.

MPASI dan camilan sehat yang tepat dapat membantu anak mengembangkan kemampuan mencerna berbagai makanan dengan beragam jenis, rasa, tekstur, dan bentuk, serta beradaptasi dengan semua jenis makanan.

Pemberian MPASI dan camilan sehat ini juga melengkapi asupan nutrisi anak yang didapatkan dari ASI untuk pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan dan optimal.

Namun bukan hanya nutrisi yang harus diperhatikan dalam memilih MPASI, melainkan juga bagaimana MPASI bisa menstimulasi perkembangan motorik anak.

Dokter Attila Dewanti Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak dari Brawijaya Women and Children Hospital memaparkan pentingnya MPASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

“Anak saat usia 6 bulan tentunya sudah semakin siap dalam menerima makanan selain dari ASI. Hal ini juga dikarenakan saluran cerna anak yang sudah siap menerima makanan semi padat.

Baca Juga: Pahami Tentang Pentingnya Pengaruh MPASI untuk Immune Booster Anak

Baca Juga: Kesulitan Menelan Dapat Mengindikasikan Penyakit Infeksi Telinga

MPASI pun terbagi menjadi dua, yaitu makanan utama dan camilan. Makanan utama berperan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengajari anak tekstur dari halus dan lebih kasar, sebelum kemudian dikenalkan dengan makanan keluarga.