Find Us On Social Media :

3 Tanda Perlemakan di Hati Ternyata Bisa Tampak Dari Kesehatan Mulut

Kerusakan gigi seperti gigi berlubang, salah satu tanda adanya perlemakan di hati.

GridHEALTH.id - Penyakit hati FATTY, yang ditandai dengan akumulasi lemak di hati, bisa terkait alkohol atau non-alkohol. Ada tiga kemungkinan tanda peringatan yang terakhir yang mungkin muncul di mulut.

Penyakit hati berlemak non-alkohol (Non Alcoholic Fatty Liver Disease/NAFLD) adalah istilah untuk berbagai kondisi yang disebabkan oleh penumpukan lemak di hati.

Meskipun tidak jelas persis bagaimana perkembangan NAFLD, memiliki kadar lemak yang tinggi di hati  telah dikaitkan dengan penanda penyakit kronis, seperti obesitas. Gambaran yang lebih rumit adalah tidak adanya gejala pada tahap awal.

Namun, penelitian menunjukkan gejala NAFLD dapat muncul dengan tiga yang dikaitkan dengan kondisi mulut.

NAFLD berbagi beberapa faktor risiko dengan periodontitis - infeksi gusi parah yang dapat menyebabkan kehilangan gigi dan karies atau gigi berlubang, lebih dikenal sebagai kerusakan gigi.

Hal ini mendorong para peneliti untuk mengeksplorasi hubungan antara NAFLD dan beberapa kondisi mulut di antara orang dewasa AS.

Baca Juga: Studi Terbaru Ungkap Penyebab Diabetes tipe 2, Ternyata Lemak yang Bertumpuk di Hati dan Pankreas

Baca Juga: Gara-gara Dokter Louis Sebut 'Interaksi Obat' Penyebab Kematian Covid-19 Masyarakat Jadi Ingin Tahu, Ini Penjelasan Guru Besar Farmakologi UGM

Mereka mengumpulkan dan menganalisis data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) yang representatif secara nasional, 1988 hingga 1994.