Find Us On Social Media :

Studi Terbaru Ungkap Penyebab Diabetes tipe 2, Ternyata Lemak yang Bertumpuk di Hati dan Pankreas

Perlemakan pada hati dan pankreas dapat menyebabkan munculnya diabetes tipe 2.

GridHEALTH.id - Ketika insiden diabetes terus meningkat secara global, perjuangan melawan kondisi kronis ini terus berlanjut.

Baca Juga: Turun Berat Badan 10% Saja Bisa Hapuskan Komplikasi Akibat Diabetes

Penelitian baru menjelaskan tidak hanya apa yang memicu diabetes tipe 2 tetapi juga bagaimana membalikkan kondisi tersebut.

Temuan ini juga menjelaskan apa yang menyebabkan pengobatan berhasil pada beberapa orang, termasuk perubahan gaya hidup.

Antara 1980 dan 2014, jumlah orang yang hidup dengan diabetes di seluruh dunia meningkat dari sekitar 108 juta menjadi 422 juta. Sebanyak 90% dari orang-orang ini menderita diabetes tipe 2.

Ternyata intervensi farmakologis (obat) hanya menyumbang sedikit sehingga pandemi diabetes tetap tidak dapat terelakkan.

Namun, intervensi gaya hidup mungkin berhasil jika pendekatan lain gagal. Beberapa tahun yang lalu, Medical News Today melaporkan hasil pertama dari uji klinis, yang menunjukkan bahwa program penurunan berat badan yang intensif dapat membantu orang dengan diabetes tipe 2 mencapai remisi tanpa minum obat apa pun.

Baca Juga: Ingin Merampingkan Perut Buncit Dengan Cepat? Kurangi Konsumsi Gula

Uji coba itu disebut Uji Klinis Remisi Diabetes (DIRECT), dan salah satu pemimpinnya adalah Prof. Roy Taylor dari Universitas Newcastle di Inggris.