Find Us On Social Media :

Gara-gara Dokter Lois Sebut 'Interaksi Obat' Penyebab Kematian Covid-19 Masyarakat Jadi Ingin Tahu, Ini Penjelasan Guru Besar Farmakologi UGM

Interaksi obat adalah adanya pengaruh suatu obat terhadap efek obat lain ketika digunakan bersama-sama pada seorang pasien.

GridHEALTH.id - Kontroversi dr Louis berawal ketika dirinya menjadi pembicara di acara Hotman Paris Show.

Disana ia memberikan informasi yang mencengangkan, salah satunya terkait pasien yang dikubur dengan tata cara atau protokol kesehatan Covid-19 itu meninggal bukan karena virus, melainkan interaksi obat.

"Interaksi antar obat. Kalau buka data di rumah sakit, itu pemberian obatnya lebih dari enam macam," kata dr Lois dilansir daari Kompas.com (11/07/2021).

Bahkan dalam akun twitternya @LsOwien, ia mengaku tidak percaya COVID-19.

Sontak hal itu tentu menimbulkan pertanyaan dan keresahan masyarakat, karena hal itu bertentangan dengan apa yang terjadi selama 1,5 tahun ini.

Lantas, benarkah seseorang dapat meninggal karena interaksi obat?

Guru Besar Farmasi UGM Prof Zullies Ikawati, PhD, Apt menjelaskan, interaksi obat adalah adanya pengaruh suatu obat terhadap efek obat lain ketika digunakan bersama-sama pada seorang pasien.

Baca Juga: Dokter Louis Owien Ditangkap Polisi, Siang Ini Kabarnya Akan Debat dengan dr Tirta

Baca Juga: 3 Tantangan Belajar di Sekolah yang Dihadapi Oleh Anak Diabetes

Secara umum, interaksi ini dapat menyebabkan meningkatnya efek farmakologi obat lain bersifat sinergis atau additif atau mengurangi efek obat lain (antagonis), atau meningkatkan efek yang tidak diinginkan dari obat yang digunakan.