Find Us On Social Media :

11 Negara yang Bersiap Memberikan Suntikan Ketiga Vaksin Covid-19, Termasuk Indonesia

Suntikan ketiga vaksin Covid-19.

GridHEALTH.id - Penyuntikan vaksin kini menjadi salah satu upaya untuk menekan laju pandemi virus corona (Covid-19).

Dijelaskan dalam artikel berjudul "Why vaccination is safe and important" yang dilansir dari NHS (30/3/2021), disebutkan bahwa orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya cenderung mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.

Artinya jika kita disuntik vaksin Covid-19, maka sistem kekebalan kita akan terlatih dalam melawan Covid-19 sehingga infeksi virus tersebut bisa diminimalisir.

Sayangnya meski seseorang disuntik vaksin Covid-19 lengkap sebanyak 2 dosis, mereka masih berisiko terpapar virus corona kembali.

Sebab vaksin Covid-19 yang ada saat ini tidak ada yang benar-benar 100 % terbukti dapat mencegah peyakit infeksi tersebut.

Karenanya beredar kabar bahwa ada beberapa negara yang berencana memberikan penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga sebagai booster.

Bahkan ada juga negara yang mempertimbangkan untuk beralih ke vaksin Covid-19 yang berbeda untuk dosis ketiganya.

Melansir Kontan.co.id (14/7/2021) dari Reuters, beberapa penelitian medis untuk menguji kemanjuran penggantian vaksin Covid-19 sedang dilakukan.

Sebuah studi Oxford pada 28 Juni menunjukkan, vaksin campuran, di mana suntikan vaksin Pfizer diberikan setelah suntikan AstraZeneca, menghasilkan lebih banyak antibodi daripada dua suntikan AstraZeneca.

Sementara itu, berikut adalah negara-negara yang sedang mempertimbangkan, atau telah memutuskan untuk mengadopsi, solusi tersebut:

Baca Juga: Ramai-ramai Masyarakat Minta Suntikan Ketiga Vaksin Covid-19, Ternyata Tidak Semua Memerlukan, Ini Syaratnya