Find Us On Social Media :

Ingatkan Skema COVAX, WHO Minta Jangan Ada Vaksin Berbayar di Indonesia

WHO meminta Indonesia supaya tidak ada vaksin Covid-19 yang berbayar dalam skema COVAX.

GridHEALTH.id - Pemerintah Indonesia sebelumnya sempat mengutarakan bahwa ada dua skema pemberian vaksin Covid-19 pada masyarakat.

Ada masyarakat yang mendapatkan vaksin subsidi (gratis), ada juga masyarakat yang mendapatkan vaksin berbayar (mandiri).

Munculnya vaksin berbayar memang sudah dibahas pemerintah sejak Juni 2021 lalu.

Rencana dimulai saat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagai Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional membahas percepatan program vaksinasi Covid-19.

Rapat tersebut mengusulkan vaksinasi individu diperluas karena cakupan vaksin yang masih jauh dari sasaran. Kala itu, vaksinasi baru mencapai 300 ribu dari target yang ditetapkan sebesar 1,5 juta.

Hasil rapat tersebut kemudian dijadikan landasan Kementerian Kesehatan untuk menyiapkan draf aturan tentang perubahan aturan tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Varian Delta Membuat Kasus Virus Corona Kembali Melonjak Secara Global, Pfizer dan Moderna Minta Otorisasi Untuk Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Baca Juga: Jangan Menggunakan Sabun Biasa Untuk Membersihkan Area Kewanitaan, Ini Alasannya

Draf tersebut kemudian dibawa untuk dibahas dalam Rapat Kabinet Terbatas bersama Jokowi. Hasil rapat terbatas, kemudian kembali dibahas bersama kementerian lembaga dan pemangku kepentingan terkait.