Find Us On Social Media :

5 Panduan Pola Makan Sehat Untuk Warga Lansia Penyandang Diabetes

Lansia penyandang diabetes harus memerhatikan 5 panduan dalam mengatur pola makan.

GridHEALTH.id - Pada 2022 American Diabetes Association memprediksi statistik yang mengkhawatirkan di dunia, dimana satu dari empat orang berusia 65 dan lebih tua memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, dibandingkan dengan satu dari 10 untuk mereka yang lebih muda dari 65.

Selain itu, setengah dari orang dewasa yang lebih tua memiliki pradiabetes, suatu kondisi yang menampilkan kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari normal.

Pradiabetes dapat menyebabkan diabetes tipe 2 kecuali gaya hidup dan perubahan pola makan diadopsi untuk memperlambat timbulnya atau mencegah penyakit sepenuhnya.

Yang lebih menakutkan lagi, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut sampai efeknya menjadi serius.

Menurut Lindsay Johnson, Ahli Diet Terdaftar dan Berlisensi dan Ahli Diet Klinis di Barnes-Jewish Extended Care, komunitas perawat terampil di Clayton, MO, lansia sangat rentan terhadap efek diabetes.

“Banyak faktor yang terkait dengan penuaan, seperti depresi, tantangan kognitif, kesulitan keuangan, berbagai penyakit, dan kehilangan pasangan, dapat merusak kemampuan dan kemauan orang dewasa senior untuk menangani diabetesnya,” kata Lindsay.

Baca Juga: Diet Rendah Kalori, Pola Makan Paling Tepat Untuk Penyandang Diabetes

Baca Juga: Ajakan Setop Membaca Berita Tentang Covid-19 Bisa Membahayakan Publik

Padahal, di usia berapapun, jika tidak dikelola dengan baik, diabetes memiliki sejumlah komplikasi serius seperti peningkatan risiko infeksi dan cedera, kehilangan otot yang dipercepat, ginjal rusak, dan peningkatan risiko penyakit Alzheimer.