Find Us On Social Media :

Pasien Covid-19 Harus Hindari Konsumsi 6 Obat Ini Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Ketahui macam-macam obat yang dilarang dikonsumsi saat isolasi mandiri di rumah.

GridHEALTH.id - Isolasi mandiri merupakan hal yang penting bagi mereka yang didiagnosis positif sebagai pasien Covid-19.

Jika ditilik dari sisi medis, diketahui penularan virus corona ini memang sangat sulit diprediksi, siapa saja bisa terinfeksi.

Disebutkan laman who.int (9/7/2020) berjudul "Coronavirus disease (COVID-19): How is it transmitted?", bahwa Covid-19 ditularkan melalui kontak langsung dengan tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi, baik yang dihasilkan melalui batuk maupun bersin.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Begini Tata Cara Salat Idul Adha di Rumah Saat PPKM Darurat

Seseorang juga dapat terinfeksi dari dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian menyentuh wajah mereka misalnya mata, hidung, mulut.

Karenanya isolasi mandiri bagi mereka pasien Covid-19 memang sangat penting dilakukan untuk mencegah penularan virus semakin luas.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pasien Covid-19 saat menjalani isolasi mandiri.

Salah satunya perihal beberapa jenis obat-obatan yang tidak boleh atau harus dihindari jangan sampai mengonsumsinya selama menjalankan isolasi mandiri.

Dimana nyatanya ada beberapa obat yang memang patut dihindari penggunaannya oleh pasien Covid-19.

Hal itu seperti dijelaskan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia yang dilansir dari laman Kompas.com (16/7/2021).

Dimana mereka menyatakan, dalam keadaan apapun saat sakit, instruksi tenaga kesehatan pasien harus diikuti dengan tepat.

Jangan asal inisiatif mengonsumsi obat tanpa basis bukti ilmiah, dan hanya karena pernah mendengarnya dari omongan tetangga, netizen di media sosial, ataupun broadcast di grup-grup WhatsApp.

"Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan obat lain tanpa anjuran dari tenaga kesehatan," tegas WHO Indonesia seperti dikutip Kompas.com melalui akun Instagram resminya @whoindonesia.

Berikut jenis obat yang harus dihindari pasien Covid-19 saat isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga: 6 Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi yang Perlu Diketahui Wanita