Find Us On Social Media :

Dampak Stres Tidak Selalu Buruk, Malah Bisa Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Pada satu tingkatan, yaitu stres jangka pendek, ternyata dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

 

GridHEALTH.id - 'Stres buruk bagi Anda', kita sudah mendengarnya ribuan kali. Tapi nyatanya, stres baik untuk sistem kekebalan tubuh, kata sebuah penelitian.

Tetapi stres jangka pendek bisa  merangsang aktivitas kekebalan, kata Firdaus Dhabhar, profesor psikiatri dan ilmu perilaku dan anggota Universitas Stanford di Amerika Serikat.

Harap diketahui, sistem kekebalan sangat penting untuk penyembuhan luka dan mencegah atau melawan infeksi, dan baik luka maupun infeksi adalah risiko umum dalam kehidupan manusia, Journal of Psychoneuroendocrinology edisi Mei 2021 melaporkan.

Bekerja dengan rekan-rekan di Stanford dan dua universitas lainnya, Dhabhar menunjukkan bahwa tikus lab yang mengalami stres ringan menyebabkan mobilisasi besar-besaran dari beberapa jenis kunci sel kekebalan ke dalam aliran darah dan kemudian ke kulit dan jaringan lain.

Migrasi besar-besaran sel kekebalan ini, yang berlangsung selama dua jam, sebanding dengan pengumpulan pasukan dalam krisis, kata Dhabhar.

Dia dan rekan sebelumnya telah menunjukkan bahwa redistribusi sel kekebalan yang serupa pada pasien yang mengalami stres operasi jangka pendek memprediksi peningkatan pemulihan pasca operasi.

Baca Juga: 5 Cara Super Cepat Ini Untuk Mengatasi Stres Selain Bermeditasi

Baca Juga: Fenomena Kalau Lapar Jadi Marah, Ternyata Ini Biang Keladinya

Para peneliti dapat menunjukkan bahwa redistribusi besar-besaran sel-sel kekebalan ke seluruh tubuh diatur oleh tiga hormon yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal, dalam jumlah dan waktu yang berbeda, sebagai respons terhadap peristiwa pemicu stres.