Find Us On Social Media :

Beras Merah Aman Dikonsumsi Penyandang Diabetes Bila Takarannya Pas

Meski nasi dari beras merah dinilai lebih aman bagi penyandang diabetes, tetap perhatikan takarannya.

GridHEALTH.id - Penyandang diabetes tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman karena perlu mewaspadai adanya lonjakan kadar gula darah.

Salah satu jenis makanan yang aman untuk penyandang diabetes adalah beras merah karena kandungan gulanya lebih rendah, tetapi mengandung lebih banyak serat dibanding beras putih.

Beras merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Penting untuk dijadikan pengetahuan bahwa proses olahan mentah beras putih adalah dengan menghilangkan bagian kulitnya dengan komposisi yang lebih banyak dibandingkan dengan beras merah.

Dengan proses tersebut, sebagian dari serat beras putih akan hilang. Sedangkan untuk beras merah sendiri ternyata memiliki serat setidaknya empat kali lebih banyak dari pada beras putih.

Dengan pemurnian yang minim tersebut, tentu kandungan vitaminnya juga lebih banyak. Selain itu, mineralnya pun juga tidak akan terbuang.

Dengan mengonsumsi beras merah, kita bisa mencegah lonjakan kadar gula darah di dalam tubuh. Lonjakan kadar gula adalah sesuatu yang harus dihindari penyandang diabetes.

Baca Juga: Penelitian Terbaru di Jepang, Ternyata Nasi Bukan Penyebab Kegemukan

Baca Juga: Kekurangan Protein Selama Kehamilan Berisiko Timbulkan Masalah Ginjal Pada Anak Kelak, Studi

Namun demikian, mengonsumsi beras merah bagi penyandang diabetes tetap ada takarannya.