Find Us On Social Media :

Mengejutkan, Studi Panjang The Lancet Menemukan Long Covid-19 Memiliki 200 Gejala

Long Covid-19 dapat memengaruhi sembilan sistem organ yang bisa memperlihatkan 200 gejala.

GridHEALTH.id - Lebih dari 200 gejala Covid-19 panjang atau Long Covid-19 ditemukan sebagai hasil dari studi internasional yang pernah ada.

Menurut penelitian itu, Long Covid-19 dapat memengaruhi sembilan sistem organ setidaknya selama enam bulan setelah didiagnosis, menyebabkan banyak gejala seperti kabut otak, halusinasi, tremor, dan tinnitus.

Banyak orang yang pulih dari Covid-19 berjuang dengan gejala yang membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih sulit.

Pasien melaporkan berbagai gejala seperti kelelahan dan masalah kognitif, yang termasuk dalam apa yang disebut "covid-19 panjang".

Skrining nasional dapat membantu lebih memahami berapa banyak yang menderita Covid-19 yang lama dan jenis bantuan apa yang mereka butuhkan, saran para peneliti.

Untuk menilai orang yang diduga menderita Long Covid-19, para ilmuwan meminta tes di luar pemeriksaan fungsi kardiovaskular dan paru-paru.

Baca Juga: WHO Mendesak Lebih Banyak Penelitian Tentang 'Long Covid-19'

Baca Juga: Segelas Jus Apel Setiap Hari Dapat Mencegah Alzheimer, Studi

“Banyak klinik pasca-Covid-19 di Inggris berfokus pada rehabilitasi pernapasan. Memang benar bahwa banyak orang mengalami sesak napas, tetapi mereka juga memiliki banyak masalah dan jenis gejala lain yang perlu ditangani oleh klinik dengan pendekatan yang lebih holistik,” kata Athena Akrami, ahli saraf di University College London dan salah satu peneliti senior yang terlibat dalam penelitian ini.