Find Us On Social Media :

Tak Cuma Manusia, 2 Harimau Penghuni Kebun Binatang Ragunan Jalani Isolasi Mandiri Akibat Terinfeksi Virus Corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk Hari dan Tino, dua harimau Sumatera di Kebun Binatang Ragunan yang terinfeksi virus corona.

GridHEALTH.id - Dua warga DKI Jakarta mendadak viral di media sosial setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memposting tentang mereka di akun instagramnya @aniesbaswedan pada Minggu (01/08/2021).

Dua warga yang bernama Hari dan Tino yang adalah harimau Sumatera itu harus menjalani isolasi mandiri di kandangnya akibat terpapar Covid-19 di tempat tinggalnya di Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

"Dua warga DKI, Hari dan Tino terpapar Covid-19. Tidak ada pilihan. Mereka harus isolasi. Diputuskan untuk isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Pasokan makanan dan obat dicukupi selama isolasi dan proses penyembuhan. Di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mereka tinggal. Ya, Hari dan Tino adalah Harimau Sumatera. Mereka didiagnosis positif Covid-19 15 Juli lalu,” tulis Anies.

Pada Sabtu (31/07/2021), Anies datang ke Ragunan untuk menengok pasien Covid-19 yang cukup unik ini.

Berdasarkan penjelasan dari perawat satwa di Ragunan, Hari dan Tino beberapa waktu lalu tampak sakit dan bergejala seperti Covid-19, yaitu flu, lemas dan sesak napas.

"TMR langsung bertindak cepat, memanggil petugas swab paling berani sedunia untuk mengambil sampel swab Hari dan Tino dan mengirimkannya ke Laboratorium Bioteknologi milik Pusat Studi Satwa Primata, Institut Pertanian Bogor. Ternyata hasil tes PCR menunjukkan Hari dan Tino positif Covid-19,” kata Anies.

Baca Juga: Demi Manusia, 500 Ribu Ikan Hiu Akan Musnah Demi Kandungan Vaksin Virus Corona

Baca Juga: Antibiotik Langka di Apotek Tak Perlu Risau, Sebab Dokter Juga Larang Pasien Pakai Obat Ini Selama Isoman

Baca Juga: Mengejutkan, Studi Panjang The Lancet Menemukan Long Covid-19 Memiliki 200 Gejala

Satwa terpapar Covid-19, terutama harimau dan singa menurut Anies bukan kasus pertama. Sebab telah banyak kasus serupa di berbagai negara lain.