Find Us On Social Media :

Bisakah Virus Corona Menyebar Lewat Uang Kertas dan Koin? Ini Faktanya

Menurut para peneliti, virus Covid-19 pada uang kertas butuh tiga hari untuk benar-benar menghilang.

GridHEALTH.id - Virus corona merupakan infeksi mematikan yang masuk ke dalam tubuh dan merusak beberapa organ tubuh yang juga dapat menyebabkan kematian pada individu yang terinfeksi.

Sudah lebih dari 12 bulan sekarang wabah virus pertama kali dicatat di kota Wuhan, Cina. Bahkan variannya kini terus bermunculan dari berbagai negara dengan daya menularkan dan mematikan yang lebih dahsyat.

Virus ini telah merenggut jutaan nyawa di seluruh dunia dan masih mendatangkan malapetaka di banyak bagian dunia.

Virus ini menyebar melalui udara dan sangat mudah menular. Umumnya memasuki tubuh melalui mata, mulut, dan hidung dan langsung mengenai paru-paru.

Sementara ketakutan terkena infeksi Covid-19 dari uang kertas dan koin telah mendorong lebih banyak pembayaran tanpa kontak selama pandemi, para peneliti mengatakan risikonya jauh lebih kecil.

Sebuah tim peneliti melakukan penelitian di mana mereka telah memperlakukan berbagai koin euro dan uang kertas dengan larutan virus dengan konsentrasi berbeda dan selama beberapa hari mengamati berapa lama virus menular masih dapat terdeteksi. Permukaan baja tahan karat berfungsi sebagai kontrol dalam setiap kasus.

Baca Juga: Tak Cuma Manusia, 2 Harimau Penghuni Kebun Binatang Ragunan Jalani Isolasi Mandiri Akibat Terinfeksi Virus Corona

Baca Juga: Fakta, Susu Sapi Tidak Menyebabkan Anak Menyandang Diabetes Tipe 1

Menurut para peneliti, virus Covid-19 yang menular muncul di permukaan baja tahan karat setelah tujuh hari, namun, pada uang kertas 10 euro, hanya butuh tiga hari untuk benar-benar menghilang.