Find Us On Social Media :

Pemberian Vaksin Dapat Mencegah Penyakit Infeksi Menular, Bagaimana Cara Kerjanya?

Vaksinasi adalah cara paling aman dan paling umum untuk mendapatkan kekebalan terhadap bakteri atau virus yang belum ditemukan oleh tubuh.

GridHEALTH.id - Pandemi virus corona Covid-19 yang telah menewaskan 4,4 juta orang di seluruh dunia, membuat para pemimpin dunia ingin negaranya segera mewujudkan apa yang disebut kekebalan kelompok (herd immunity).

Kekebalan kelompok hanya dapat dicapai bila dalam satu wilayah, orang yang sudah divaksin mencapai lebih dari 75% jumlah populasi di wilayah tersebut.

Seperti kasus pandemi Covid-19, para ilmuwan dari berbagai bidang, berlomba-lomba menciptakan vaksin Covid-19, agar segera bisa disuntikkan kepada orang, demi menghindari keparahan dan kematian akibat terinfeksi, dan utamanya segera mencapai herd immunity.

Untunglah, pada kasus Covid-19,  sejak orang pertama kali divaksin pada Januari 2021, semakin hari semakin banyak orang yang divaksin.

Namun di balik itu semua, masih banyak orang awam yang sebenarnya bertanya-tanya, apa itu sebenarnya vaksin, dan mengapa begitu penting sehingga bisa memberi manfaat perlindungan?

Dikutip dari British Society for Immunology, berikut adalah sejumlah pertanyaan orang awam tentang vaksin yang berhasil dihimpun;

Bagaimana cara kerja vaksin?

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Akhirnya Izinkan Ibu Hamil Divaksin Covid-19, Ini Alasannya

Baca Juga: Mengenal Aneka Faktor Munculnya Diabetes Tipe 2, Paling Sering Karena Kegemukan

Kita diberikan sejumlah kecil penyakit yang tidak berbahaya, kemudian tubuh kita membuat antibodi untuk melawannya.