Find Us On Social Media :

Penyakit Infeksi Menular HIV/AIDS Terlupakan di Saat Pandemi Covid-19, Padahal Bisa Jadi Komorbid Mematikan

Penyakit infeksi menular HIV/AIDS membuat risiko lebih tinggi keparahan dan kematian pada pasien.

GridHEALTH.id - Sebagian besar kasus virus corona yang dikonfirmasi bersifat ringan, tetapi beberapa orang lebih mungkin mengembangkan Covid-19 yang parah.

Beberapa faktor risiko terkena Covid-19 yang parah termasuk obesitas, usia tua, hipertensi, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

Sebuah laporan baru oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkonfirmasi bahwa infeksi HIV merupakan faktor risiko independen yang signifikan bila terkena Covid-19.

Bisa menyebabkan keparahan/kritis saat masuk rumah sakit dan kematian di rumah sakit.

Hampir seperempat (23,1%) dari semua orang yang hidup dengan HIV yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19, meninggal, kata laporan itu.

Laporan ini didasarkan pada analisis data pengawasan klinis dari 37 negara mengenai risiko hasil Covid-19 yang buruk pada orang yang hidup dengan HIV.

Ditemukan bahwa risiko mengembangkan Covid-19 yang parah atau fatal adalah 30% lebih besar pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dibandingkan dengan orang tanpa infeksi HIV.

Baca Juga: Hari AIDS Sedunia 1 Desember : Pasien Dengan HIV Jadi Terpinggirkan Selama Pandemi Covid-19, Padahal Termasuk Kelompok Rentan

Baca Juga: Risiko Tertular Varian Delta di Luar Ruangan Kecil Tapi Tetap Ada, Studi

"Kondisi yang mendasari seperti diabetes dan hipertensi adalah umum di antara ODHA. Di antara ODHA laki-laki di atas usia 65 tahun, diabetes dan hipertensi dikaitkan dengan peningkatan risiko Covid-19 yang lebih parah dan fatal. risiko penyakit parah dan kematian," kata laporan itu.